Facebook (FB) Ads Untuk Pemula

 Facebook Ads Bagi Pemula


Facebook Ads Pemula


Sebelum mendalami Facebook Ads (Meta Ads) harus mengetahui apa itu Social Media Marketing. Berikut penjelasan singkat mengenai Facebook Ads.

Pengertian Facebook Ads itu apa sih? 

Facebook Ads merupakan salah satu fitur yang terdapat di Facebook yang berfungi untuk mengiklankan bisnis kita. Seperti mengiklankan produk yang kita jual/posting di marketplace Facebook. 

Facebook Ads sendiri memiliki fitur untuk menargetkan iklan kita untuk siapa saja, mulai dari:

  • Usia,
  • Gender (Jenis Kelamin), 
  • Bahkan hingga lokasi atau domisili sekitar. 

Tips Menjalankan Facebook Ads Supaya Produk atau Brand Dikenali Audiens/ Pengunjung. 

1. Tujuan mengiklan di Facebook Ads itu apa saja sih? 

Pertama Awareness

Awareness adalah membangun kesadaran kepada audiens/ pengunjung tentang "Brand" Anda. Apakah "Brand" Anda dikenali oleh audiens/pengunjung dan seberapa baik mereka mengenali "Brand" Anda.

Kedua Consideration

Consideration adalah meyakinkan audiens/ pengunjung untuk mempertimbangkan apakah produk di "Brand" Anda mau mereka beli. 

Ketiga Conversation

Conversation yaitu membuat audiens/ pengunjung membicarakan "Brand" Anda. 

2. Menargetkan Audiens atau Pengunjung yang tepat. 

Selain menentukan tujuan mengiklan, menentukan target audiens/ pengunjung juga penting, seperti:

  • Target Usia, Semisal Brand/ Produk yang dijaual untuk usia 18+ maka target usia yang dipilih adalah Usia 18 ketas. 
  • Gender, Jenis kelamin untuk menentukan target audiens/ pengunjung yang tepat. Semisal produk yang dijual tentang Pakaian Perempuan, maka target audiens kita pilih Perempuan, kalau produk kita tentang Elektronik/ Handphone kita bisa memilih target laki-laki dan perempuan. 
  • Lokasi, menempatkan lokasi yang sesuai dengan dengan yang kita inginkan, semisal Anda ingin menargetkan lokasi di Negara, Kota, bahkan di sekitar Anda. 
  • Minat, menargetkan audiens/ pengunjung sesuai minat mereka, seperti audiens ingin memiliki minat di olahraga makan brand/ produk yang berkaitan tentang olahraga akan muncul di beranda Audiens/ pengunjung.
  • Perilaku, menargetkan iklan sesuai dengan perilaku audiens, semisal pembelian produk sebelumnya oleh Audiens, jika produk yang dibeli sebelumnya oleh audiens itu sama dengan produk kita, maka iklan produk kita akan muncul di audiens. 
  • Koneksi, para audiens yang terhubung dengan website atau halaman kita. Lebih sering kita jumapai dengan sebutan subscribe.
  • Dan masih banyak lagi. 

3. Membuat Konten Yang Menarik

Kenapa harus membuat konten yang menarik, supaya audiens/ pengunjung lebih jelas mengenal Brand/ Produk yang kita jual. 

Seperti mencantumkan deskripsi tentang produk yang dijual, Foto-foto atau Video yang menarik, Judul KontenKonten, hingga Call To Action (CTA) yang jelas.


Itulah beberapa tips supaya Facebook Ads kita menjangkau banyak audiens/ pengunjung. 

Somoga bermanfaat, terimakasih. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url