Call To Action (CTA) : Pengertian, Manfaat, Contoh

Call To Action
Sahyarise

Call To Action (CTA)

Call To Action merupakan salah satu komponen yang penting dalam Digital Marketing. Peran Call To Action sangat penting dalam dunia Digital Marketing supaya para audiens atau pengunjung tertarik dengan Brand Anda. CTA bukan sekedar kata-kata yang biasa, namun lebih mengandung kata-kata frasa supaya audiens tertarik dengan Brand anda. Karena pentingnya CTA maka akan membahas apa sih yang dimaksud dengan CTA ? dan apa kontribusinya untuk Brand.

Pengertian Call To Action (CTA)

Call To Action atau yang lebih dikenal CTA merupakan salah satu istilah dalam Digital Marketing yang bertujuan untuk mengajak audiens/ pengunjung agar lebih tertarik dengan Brand anda.

Fungsi Call To Action (CTA)

CTA sendiri memiliki fungsi untuk seperti untuk mengajak  mendownload, mendaftar hingga berlangganan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat Call To Action:

1. Tanpa Basa-Basi atau langsung pada intinya, berhenti untuk berbelit belit supaya audiens lebih tertarik. Karena audiens lebih suka dengan kata-kata yang jelas dan sederhana. Contoh: Beli Sekarang, Download, Berlangganan Sekarang, Daftar Sekarang, dan masih banyak lagi.

2. Harus Unik, kenapa harus unik agar berbeda dengan pesaing. Sehingga kata-kata yang dibuat lebih kena ke audiens. Sehingga audiens melakukan tindakan seperti meng-klik “Beli Sekarang”.

3. Menciptakan kesan mendesak, seperti memberikan diskon pada salah satu produk dalam postingan dengan menggunakan batas waktu. Contoh: Beli Sekarang diskon 50% dengan batas waktu 60 Menit.

4. Gunakan Desain yang menarik, kenapa harus menarik agar konten tidak di skip oleh audiens, contohnya penggunaan warna, tata letak, ukuran, simbol-simbol, dan lain sebagainya.

5. Penempatan, penempatan CTA harus pas dan dapat dilihat dengan sekali lihat. Biasanya diletakkan di atas pada halaman awal website, diletakkan pada halaman bawah website, dijadikan Pop-Up karena bisa muncul tiba-tiba dan bersifat mengingatkan audiens.

Contoh-contoh CTA yang bisa Anda gunakan:

  • Untuk konten jual beli : Beli Sekarang, Borong, Belanja Sekarang.
  • Untuk konten software : Download Now, Subscribe.
  • Untuk konten informasi : Pelajari selengkapnya, Baca lebih lanjut.
  • Untuk konten media social : Like, Follow, Share, Comment.

Demikian pembahsan mengenai Call To Action secara singkat, perhatikan betul penempatan maupun yang lainnya agar audiens tidak terganggu dan membuat mereka nyaman ketika membuat Call To Action supaya hasilnya lebih maksimal dan menarik banyak audiens.

Semoga bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf,.

Terimakasih sudah berkunjung.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url